informasi tentang puncak sosok

Tangkuban Perahu

Keindahan yang Ditawarkan Wisata Tangkuban Perahu

Objek wisata ini menyimpan banyak sekali keindahan yang selalu berhasil membuat orang takjub dan selalu ingin mengunjunginya. Gunung Tangkuban Perahu masih tergolong gunung berapi aktif.

1. Kawah Ratu

Wisata Tangkuban Perahu - Kawah Ratu
Kawah Ratu merupakan bagian dari tempat wisata Tangkuban Perahu yang memiliki luas sekitar 8.000 hektar. Kawah ini merupakan kawah terbesar dan paling terkenal di antara yang lainnya.
Letaknya sendiri berada di sebelah Kawah Upas. Jalan menuju ke sana pun tidak terlalu sulit dan membingungkan, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil atau motor.
Jika berkunjung ke sini, kamu akan mendapati pemandangan yang sangat indah yang dimiliki. Kamu seakan diajak melihat sebuah mangkok raksasa yang sangat dalam.

Disarankan jika ingin datang ke Kawah Ratu, datanglah ketika cuaca sedang cerah. Karena ketika didukung dengan cuaca yang bagus, pemandangan yang disuguhkan pun tak kalah bagusnya.

Lekukan dinding kawah dan dasar kawah akan terlihat sangat jelas. Tempat ini cocok dijadikan sebagai spot foto menarik, apalagi buat kamu yang sedang mencari foto pemandangan yang indah.
Di sekitar bibir kawah, kamu juga bisa sekalian berwisata kuliner. Banyak pedagang dan warung-warung yang menjual mulai dari makanan, minuman, hingga cindera mata untuk oleh-oleh.

2. Kawah Domas

Selain Kawah Ratu, kamu juga bisa mengunjungi Kawah Domas. Kawah yang berjarak sekitar 1,2 km dari Gunung Tangkuban Perahu ini memang belum banyak dikunjungi wisatawan dan masih tampak lengang.

Walaupun disebut sebagai kawah, namun pemandangan yang disuguhkan tak seperti kawah pada umumnya, karena didominasi oleh longsoran tebing berwarna putih.

Beberapa bagian tebing ada juga yang berwarna kuning, tepatnya pada rongga yang mengeluarkan asap belerang. Meskipun tak seterkenal Kawah Ratu, kawah ini memiliki sumber mata air panas yang berbentuk seperti kubangan kecil.

Pengunjung pun bisa bersantai sambil merendamkan kakinya dan menikmati hangatnya air belerang yang bisa membuat tenang dan rileks. Berendam air belerang ini juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit.
3. Kawah Upas
Tiket Masuk Tangkuban Perahu
Jika berkunjung ke sini, kamu akan mendapati sebuah tebing yang curam dengan pemandangan sebuah kawah yang indah. Kawah Upas sendiri terletak sekitar 1 km di sebelah Utara dari Kawah Ratu.

Karena akses menuju ke tempat ini berupa jalan setapak, maka pengunjung biasanya berjalan kaki untuk bisa sampai ke kawah ini. Jadi, pastikan memakai alas kaki yang nyaman agar perjalanan tak terkendala.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ini adalah sebelum matahari terbit. Saat matahari mulai terbit, cahayanya akan muncul dari balik gunung dan menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Namun, kadang petugas harus menutup akses masuk ke dalam tempat ini. Karena kandungan gas beracun di sekitar kawah sewaktu-waktu naik, sehingga berbahaya bagi pengunjung.
Karena bukan merupakan tempat wisata komersil, Kawah Upas tak memiliki fasilitas pendukung seperti tempat berwisata lainnya. Pagar pembatas yang membatasi mulut kawah pun tak disediakan.
Share:

No comments:

Post a Comment