informasi tentang puncak sosok

Taman Bunga Nusantara





 Taman Bunga Nusantara (TBM) ini berdiri atas prakarsa ibu Danil Bustani Arifin yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara.


Taman bunga yang berdiri dilahan seluas 35 hektar ini mulai dirintis pada tahun 1992 dan pada tahun 1993 secara intensif dikembangkan terus menerus hingga saat ini.

 



Dari namanya saja pasti anda sudah paham jika objek wisata yang kita bahas ini adalah sebuah taman bunga. Namun jangan salah, karena taman ini bukanlah taman bunga biasa seperti yang anda bayangkan.


Nah, anda yang tinggal di sekitaran Jakarta tentu punya keuntungan tersendiri berwisata ke Taman Bunga Nusantara ini, karena lokasi taman ini tidak begitu jauh dari ibu Kota Jakarta. Taman bunga ini secara administratif masuk ke dalam Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Taman ini punya segudang daya tarik dan tentu sangat pas dijadikan rujukan tempat liburan pada akhir pekan. Sebelum kita bahas daya tarik dari taman bunga ini sebaiknya kita cari tahu dulu asal usul dari objek wisata ini.

Yayasan Bunga Nusantara Go International

tournament of roses in pasadena
Tournament Of Roses di Pasadena, california
Salah satu ide mendirikan Taman Bunga Nusantara ini juga tidak terlepas dari prestasi Yayasan Bunga Nusantara di dunia internasional.

Yayasan ini kerap mengikuti festival maupun parade bunga di luar negeri. Tercatat, keikutsertaan mereka yang pertama sewaktu parade kendaraan hias Tounament Of Roses di Pasadena, California. Selama keikutsertaan, yayasan ini selalu mendapatkan penghargaan atas karya-karya dari Yayasan Bunga Nusantara.

Hal ini juga tentu menjadi prestasi bagi bangsa Indonesia karena karya anak bangsa bisa dikenal dan diakui dunia internasional.

Latarbelakang inilah yang membuat Yayasan Bunga Nusantara membuat Taman Bunga Nusantara dengan cita-cita keberadaanya diakui oleh dunia internasional.
Lalu apa saja daya tarik dari taman ini!

Daya Tarik Taman Bunga Nusantara

daya tarik taman bunga nusantara
Daya Tarik Taman Bunga Nusantara
Lokasinya yang berada di daerah ketinggian membuat udara disekitar taman ini sangat sejuk khas daerah pegunungan. Tentunya hal ini sangat baik bagi anda yang datang berwisata dengan putra putri anda.

Hamparan rumput hijau di sekelilingnya dengan bunga berwarna warni menghiasinya tidak kalah dengan Taman Arimbi di Dusun Bambu, salah satu objek wisata Bandung yang cukup terkenal.
Objek wisata ini menawarkan berbagai taman yang mempunyai daya tarik dan keunikan masing-masing. Mari kita bahas satu persatu taman apa saja yang ada di sini.

Taman Air

taman air di taman bunga nusantara
Taman Air di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)
Taman air adalah sebuah kolam yang cukup besar dengan berbagai jenis tanaman di atasnya. Tak hanya vital untuk manusia, keberadaan air juga funsinya sangat vital bagi kelangsungan hidup tanaman.

Di taman ini ada berbagai jenis tanaman yang tumbuh vertikal maupun horizontal dan rata-rata tanaman yang dibudidayakan di taman ini berasal dari luar negeri.

Lihat saja Kana Air (Thalia Dealbata), tanaman ini bukan berasal dari Indonesia. Aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara yang tumbuh vertikal di taman ini.

Ada juga Lotus (Nelumbo Nucifera) yang tumbuh horizontal ditengah kolam. Bunga ini berasal dari Asia Timur dan Australia bagian timur laut.

Di samping itu ada juga tanaman Cyperus Papirus dari Mesir yang bunganya cukup unik karena menyerupai rambut menjuntai.

Tak ketinggalan Teratai Raksasa (Victoria Amazonica) dan Giant Arum (Typonodorum Lindleyanum) juga dibudidayakan di taman ini yang berasal dari Amerika Selatan.

Taman Mawar

taman mawar di taman bunga nusantara
Taman Mawar di Taman Bunga Nusantara (Foto: tamanbunga-nusantara.com)
Dari namanya saja pasti anda sudah bisa menebak jika di taman ini pasti di dominasi oleh berbagai tanaman Bunga Mawar.

Yap, di taman ini memang dikhususkan untuk tanaman Bunga Mawar yang tumbuh subur dengan berbagai warna dan tertata rapi.

Tanaman yang berasal dari China ini terkenal hingga ke berbagai negara karena keunikan dan aromanya yang khas. Banyak yang tertarik membudidayakan tanaman ini karena tahan terhadap segala kondisi cuaca dan dapat beradaptasi dengan 4 iklim sekaligus.

Namun jangan salah, walaupun terbukti tanaman ini tahan dengan segala kondisi iklim tetap saja Bunga Mawar membutuhkan yang namanya penyiraman, pemberian pupuk dan penyiangan dengan kalkulasi yang tepat agar keindahannya tetap terjaga.

Share:

No comments:

Post a Comment